Selasa, 04 September 2012

laporan paktikum mollusca

LAPORAN PRAKTIKUM
ZOOLOGI AVERTEBRATA
MOLLUSCA











Oleh :
Nama : Anisah
NIM : 59461223
Kelas : Biologi C / III
Kelompok : 3 ( tiga )
Asisten : Aulia Ur Rahman
Sri Aprianti





LABORATORIUM BIOLOGI
JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI
CIREBON
2010



ACARA PRAKTIKUM II
MOLLUSCA

I. LANDASAN TEORI

Mollusca adalah hewan lunak dan tidak memiliki ruas. Tubuh hewan ini tripoblastik, bilateral simetri, umumnya memiliki mantel yang dapat menghasilkan bahan cangkok berupa kalsium karbonat. Cangkok tersebut berfungsi sebagai rumah (rangka luar) yang terbuat dari zat kapur misalnya kerang, tiram, siput sawah, dan bekicot. Namun ada pula Mullusca yang tidak memiliki cangkok, seperti cumi-cumi, sotong, gurita atau siput telanjang. Mollusca memiliki struktur berotot yang disebut kaki yang bentuk dan funsinya berbeda untuk setiap kelasnya. Untuk lebih memahaminya, coba anda perhatikan gambar dibawah ini. Dapatkah anda menjelaskan perbedaan diantara jenis hewan ini?
Cangkok kerang ini terdiri dari dua belahan, sedangkan cangkok siput berbentuk seperti kerucut yang melingkar. Perbedaan lainnya, kaki siput tipis dan rata. Fungsinya adalah untuk berjalan dengan cara kontraksi otot. Lain halnya dengan kerang yang mempunyai kaki seperti mata kapak yang dipergunakan untuk berjalan dilumpur atau pasir. Sementara itu cumi-cumi dan sotang tidak punya cangkok, kakinya terletak dibagian kepala yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
Mollusca memiliki alat pencernaan sempurna mulai dari mulut yang mempunyai radula (lidah parut) sampai dengan anus terbuka didaerah rongga mantel. Di samping itu juga terdapat kelenjar pencernaan yang sudah berkembang biak. Peredaran darah terbuka ini terjadi pada semua kelas Mollusca kecuali kelas Cephalopoda.
Pernafasan dilakukan dengan menggunakan insang atau “paru-paru”, mantel atau oleh bagian epidermis. Alat ekskresi berupa ginjal. Sistem saraf tardiri atas tiga pasang ganglion yaitu ganglion cerebral, ganglion visceral dan ganglion pedal yang ketignya dihubungkan oleh tali-tali saraf longitudinal. Alat reproduksi umumnya terpisah atau bersatu dan pembuahan internal atau eksternal. Berdasarkan simetri tubuh, cirri kaki dan cangkoknya, Mollusca dibagi menjadi lima kelas , yaitu kelas Gastropoda, Cephalopoda, Bilvalvia atau Pelecypoda, Amphineura, dan kelas Scaphopoda.

II. TUJUAN
Mengidentifikasi dan mendiskripsikan organisme Mollusca dan menempatkannya pada tingkat kalsifikasi yang tepat.

III. ALAT DAN BAHAN
Bak preparat, pinset, pisau buah/cutter, jarum pentul, alat tulis, penggaris, kertas.

IV. LANGKAH KERJA
1. Tempatkan hewan pada bak preparat, amati bagian morfologi tubuhnya, lakukan pengukuran terhadap bagian tubuh hewan tersebut, lakukan pembiusan terhadap hewan tersebut atau dilemahkan dengan menggunakan jarum pentul bagian kepala.
2. menggambar bagian-bagian morfologinya, kemudian setelah itu lakukan pembedahan bagian organ dalam tubuhnya, amati dan menggambarkan serta beri penjelasan.
3. menuliskan klasifikais dan taksonomi hewan tersebut secara lengkap.















V. HASIL PENGAMATAN

No Gambar hewan Keterangan
1 Archactina fulica (bekicot) Panjang : 4 cm
Lebar : 2 cm
Diameter : 5,9 cm
Umur : 6 bulan
Panjang dalam : 4 cm
Dari bentuk luarnya terdapat cangkang, tentangkel, mulut, anus. didilamnya terdapat lambung, otak, ganglion pedal, dan paru-paru.



2 Anadara granosa (kerang dara) Panjang : 3 cm
Lebar : 2,3 cm
Diameter : 4,5 cm
Umur : 4,5 bulan
Panjang dalam : 1,5 cm
Dan didilamnya terdapat cangkang, mulut, kaki, mantel, usus, seloin, insang.


3 Bellamya javanica (keong sawah)
Panjang : 2,5 cm
Lebar : 1,8 cm
Diameter : 4,5 cm
Umur : 4 bulan
Panjang dalam : 2,5 cm




4 Mytylus viridis (kerang ijo) Panjang : 5 cm
Lebar : 2,5 cm
Diameter : 6 cm
Umur : 2 bulan
Panjang dalam : 3,2 cm
Dan didalamnya terdapat mantel, otot oduktor, perioskum, prismatik, nakreas, syssus (serabut bivalvia untuk filtrasi)






VI. PEMBAHASAN
Pada praktikum ke-2 ini yang berjudul Mollusca. Yang bertujuan supaya kami dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan organisme Mollusca dan enempatkannya pada tinngkat klasifikasi yang tepat.
Pada paraktikum kali ini kami menggunakan bahan berupa hewan, diantaranya adalah Archactina fulica (bekicot), Anadara granosa (kerang dara), Bellamya javanica (keong sawah), dan Mytylus viridis (kerang ijo) dan kemudian kami ukur dan mengetahui struktur tubuhnya. Dan didaptalah hasil pengamatannya sebagai berikut:
1. Pengamatan pada hewan Archactina fulica (bekicot) dengan mengukur Panjang 4 cm, lebar 2 cm, diameter : 5,9 cm, umur : 6 bulan, dilihat dari bentuk luarnya terdapat cangkang, tentangkel, mulut, anus. didilamnya terdapat lambung, otak, ganglion pedal, dan paru-paru.
Archactina fulica (bekicot) merupakan contoh Gastropoda hewan ini mempunyai kepala dengan dua tentakel yang berukuran panjang pada bagian ujungnya terdapat mata.memiliki dua rahang yang dibentuk dari zat tanduk dan lidah yang panjang dan sempit yang ditutupi gigi kecil. Kepala langsung berhubungan dengan bagian kaki yang berotot. Cangkang berbentuk kerucut terpilin (kalsium karbonat). Cangkang tersusun dari tiga lapis, yaitu: periostrakum yang tipis, lapisan prismatik (kalsium karbonat) dan lapisan nakreas berupa lembaran tipis yang mengkilat. Makanannya berupa daun-daunan. Alat pencernaan terdiri dari mulut, faring, berotot, dibagian dorsal terdapat rahang dari zat tanduk, dan pada bagian ventral terdapat radula dengan gigi yang terbuat dari kitin, esophagus (kerongkongan) dengan saluran yang pendek, tembolok dengan dinding yang tipis, lambung yang bulat, usus tempat terjadinya penyerapan makanandan berakhir dianus. Makanannya diambil dengan menggunakan mulutnyakemudian dipotong-potong oleh rahangyang dapat digerakan ke atas dan ke bawah, makanabn dihaluskan oleh radula masuk ke lambung dan diserap oleh ususdan dikeluarkan melalui anus. Sistem pernafasan dengan paru-paru. Bersifat hemaprodit yaitu melakukan perkawinan sendiri. Setiap siput memiliki kelamin jantan dan betinadalam satu tempat yang disebut ovotestes.
Kingdom : Animalia

Phylum : Mollusca

Class : Gastropoda

Family : Achatininae

Genus : Achatina Fulica

Subgenus: Lissachatina

Spesies: fulica







2. Pengamatan pada hewn Anadara granosa (kerang dara) dengan mengukur Panjang 3 cm, lebar 2,3 cm, diameter : 4,5 cm, umur : 4,5 bulan, panjang dalamnya 1,5 cm. Dan didilamnya terdapat cangkang, mulut, kaki, mantel, usus, seloin, insang. Anadara granosa adalah spesies kima bahtera yang dikenal sebagai darah kerang karena cairan hemoglobin dalam merah.
Anadara granosa (kerang dara) merupakan contoh Pelecypoda,hidup dilaut menempel pada batu. yang memiliki dua buah cangkang sebagai pelindung tubuhnya, maka hewan ini sering dikenal dengan Bivalvia. Bentuk cangkang pipih yang saling berlekatan pada suatu tempat oleh ligamen sendi membentuk semacam engsel. Tempat pertemuan kedua cangkang itu merupakan bagian dorsal ditutupi 8 keping cangkang yang nampak menonjol yang disebut umbo. cangkang memiliki tiga lapisan yaitu; a) periostracum lapisan tipis paling luar yang terluar yang terbuat dari asam karbonat untuk melindungi bagian yang ada didalmnya (lapisan tanduk). b) prismatik lapisan yang tengah yang terbuat dari dari kristal-kristal kapur (kalisum karbonat), dan c) Nakreas (lapisan mutiara) Pada rongga mantel terdapat ingsang. Kepala meredukasi dan tidak mempunyai tentakel.
Kingdom : Animalia

Filum : Mollusca

Class : Bivalvia


Order : Arcoida

Family : Arcidae

Genus : Anadara

Spesies : granosa




3. Pengamatan pada hewan Bellamya javanica (keong sawah) dengan mengukur Panjang 2,5 cm, lebar:1,8 cm, diameter : 4,5 cm, umur : 4 bulan, panjang dalamnya 2,5 cm. Keong sawah Bellamya javanica (marga Bellamya) termasuk dalam kelompok Operculata yang hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur serta ditumbuhi rerumputan air, dengan aliran air yang lamban, misalnya sawah, rawarawa, pinggir danau dan pinggir sungai kecil. Binatang ini lebih menyukai perairan yang airnya jernih dan bersih. Ada dua jenis dari marga Bellamya yang hidup di sawah, yaitu keong jawa (Bellamya javanica). Bentuknya seperti kerucut membulat dengan warna hijau-kecoklatan atau kuning kehijauan. Puncak cangkang agak runcing; tepi-cangkang menyiku tumpul pada yang muda; jumlah seluk 6-7, agak cembung, seluk akhir besar. Mulut membundar, tepinya bersambung, tidak melebar, umumnya hitam. Operkulum agak bundar telur, tipis, agak cekung, coklat kehitaman



4. Pengamatan pada hewan Mytylus viridis (kerang ijo) dengan mengukur Panjang 5 cm, lebar: 2,5 cm, diameter : 6 cm, umur : 2 bulan, panjang dalamnya 3,2 cm. Dan didalamnya terdapat mantel, otot oduktor, perioskum, prismatik, nakreas, syssus (serabut bivalvia untuk filtrasi). Mytylus viridis (kerang ijo) contoh Pelecypoda memiliki ciri khas, yaitu kaki berbentuk pipih seperti kapak. Mytylus viridis (kerang ijo) memiliki dua buah cangkang pipih yang setangkup sehingga disebut juga Bivalvia. Kedua cangkang pada bagian tengah dorsal dihubungkan oleh jaringan ikat (ligamen) yang berfungsi seperti engsel untuk membuka dan menutup. Cangkang tersusun dari lapisan periostrakum, prismatik, dan nakreas.Pada tiram mutiara, jika di antara mantel dan cangkangnya masuk benda asing seperti pasir, lama-kelamaan akan terbentuk mutiara. Mutiara terbentuk karena benda asing yang masuk terbungkus oleh hasil sekresi lapisan cangkang nakreas. tidak memiliki kepala. Mulutnya terdapat pada rongga mantel, dilengkapi dengan labial palpus. Mytylus viridis tidak memiliki rahang atau radula. Insang Pelecypoda berbentuk lembaran.

Klasifikasi ilmiah:
Kerajaan: Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Pelecypoda
Ordo : Mytiloida
Famili : Mytilidae


Peranan Mollusca
1. Menguntungkan
- Sumber makanan berprotein tinggi, misalnya tiram batu (Aemaea sp.), kerang (Anadara sp.), kerang hijau (Mytilus viridis), Tridacna sp., sotong (Sepia sp.)
cumi-cumi (Loligo sp.), remis (Corbicula javanica), dan bekicot (Achatina fulica).
- perrhiasan, misalnya tiram mutiara (Pinctada margaritifera).
- Hiasan dan kancing, misalnya dari cangkang tiram batu, Nautilus, dan tiram mutiara.
- Bahan baku teraso, misalnya cangkang Tridacna sp.
2. Merugikan
bagi manusia, misalnya bekicot dan keong sawah yang merupakan hama dari tanaman. Siput air adalah perantara cacing Fasciola hepatica.

VII. KESIMPULAN

Pada paraktikum kali ini kami menggunakan bahan berupa hewan, diantaranya adalah Archactina fulica (bekicot), Anadara granosa (kerang dara), Bellamya javanica (keong sawah), dan Mytylus viridis (kerang ijo) dan kemudian kami ukur dan mengetahui struktur tubuhnya.
1. Archactina fulica (bekicot) merupakan contoh Gastropoda hewan ini mempunyai kepala dengan dua tentakel yang berukuran panjang pada bagian ujungnya terdapat mata, Cangkang berbentuk kerucut terpilin (kalsium karbonat). Alat pencernaan terdiri dari mulut, faring, berotot, dibagian dorsal terdapat rahang dari zat tanduk. Bersifat hemaprodit yaitu melakukan perkawinan sendiri.
2. Anadara granosa (kerang dara) merupakan contoh Pelecypoda,hidup dilaut. Bentuk cangkang pipih. Kepala meredukasi dan tidak mempunyai tentakel.
3. Keong sawah Bellamya javanica (marga Bellamya) termasuk dalam kelompok Operculata yang hidup di perairan dangkal, Bentuknya seperti kerucut membulat dengan warna hijau-kecoklatan atau kuning kehijauan. Puncak cangkang agak runcing; tepi-cangkang menyiku tumpul pada yang muda.
4. Mytylus viridis (kerang ijo) contoh Pelecypoda memiliki ciri khas, yaitu kaki berbentuk pipih seperti kapak. Mytylus viridis (kerang ijo) memiliki dua buah cangkang pipih yang setangkup sehingga disebut juga Bivalvia. jika di antara mantel dan cangkangnya masuk benda asing seperti pasir, lama-kelamaan akan terbentuk mutiara. Mutiara terbentuk karena benda asing yang masuk terbungkus oleh hasil sekresi lapisan cangkang nakreas. tidak memiliki kepala.



DAFTAR PUSTAKA

- http://en.wikipedia.org/wiki/Blood_cockle "
- Salawandi dkk. 2006, Biologi, Solo: CV sindhunata.
- John w. Kimball dkk, 2006, Biologi jilid 3, Jakarta: Erlangga.
- kusnadi Dkk. 2005. Biologi. Jakarta : PT Piranti darma kalokatama.








2 komentar:

  1. Coin Casino Review - 100% up to $4000 + 100 Free Spins!
    Coin Casino 메리트 카지노 주소 Review หาเงินออนไลน์ 2021 | Claim your $4000 Bonus - No deposit needed & 100 Free Spins Welcome Bonus ✓ Play Hundreds 인카지노 of games for real money. Rating: 9.2/10 · ‎Review by Casinoowed

    BalasHapus
  2. Bet365 Casino Bonus Code is PLAYNJFREE
    New Jersey's Bet365 Casino is now available on the casino floor! You'll 경상북도 출장마사지 find up to $1000 in Bet Credits and up to 여수 출장샵 $1000 김제 출장안마 in baoji titanium Casino Bonuses. 태백 출장안마 The minimum deposit

    BalasHapus